MELATIH SKILL DI TENGAH WABAH

STAY AT HOME

Sebulan terakhir ini kita semua adalah korban dari wabah covid19. Langsung ataupun tidak langsung. Positif ataupun negatif. Karena bukan cuman berdampak pada bidang kesehatan, tetapi sudah merambat ke semua bidang yang ada, ekonomi, sosial, dll.

Salah satu dampak yang terasa disebagian besar masyarakat adalah stay at home (#dirumahaja). Salah satu langkah yang diambil oleh pemerintah untuk menekan penularan covid19 ini. Semua sekolah diliburkan, bukan libur sepenuhnya, karena sistem pembelajaran tetap berlanjut versi online. Pekerjaan kantoran pun, work from home semuanya. Sistem online naik daun di tengah wabah.

Hari-hari pertama diberlakukannya stay at home, kebanyakan menyambutnya dengan suka cita. Bagaimana tidak? hal ini seperti liburan panjang dadakan yang diberikan pemerintah. Khayalan berleha-leha dan rebahan sepuasnya di rumah seperti mimpi yang berubah menjadi nyata. Untuk kebanyakan orang.

Apakah hal ini konsisten? tentu tidak. Masa libur dan WFH diperpanjang. Sebagian dari mereka yang bahagia diawal mulai bosan. Bukan hanya mereka yang antusias diawal yang mulai resah dengan kondisi, tetapi semua orang.

Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir rasa bosan ini ????

Mulailah care dengan pekerjaan rumah yang ada. Hahaha sangat banyak. Untuk teman-teman yang menerapkan WFH mungkin masih ada kegiatan harian yang dilakukan. Tapi lama-lama juga pasti bosan. Hehehe

Hal positif versi aku untuk mengisi kebosanan selama stay at home adalah dengan melakukan hal-hal positif. Hal positif apa ? Waktu yang tepat untuk menambah Skill baru, yang mungkin saja bermanfaat sebagai penghasilan terbaru pasca corona ini. Hahaha… jika tidak bisa menghasilkan juga tidak apa-apa, setidaknya skill bertambah, pasti ada hal ada saatnya nanti akan terpakai untuk bisa menolong orang banyak dan diri sendiri.

Terus,,, Skill seperti apa yang ???

Menulis. Planningkan, lalu rutinkan. Beberapa waktu lalu sempat gabung dengan salah satu komunitas menulis IKATAN KATA. Tujuannya biar bisa rutin dan melatih kemampuanku untuk mengurai semua hasil pikiraku dalam tulisan yang bisa dinikmati banyak orang. Hasilnya,,, diriku belum bisa konsisten. Namun, wabah ini memberiku banyak inspirasi untuk menulis sebuah tulisan. Teman-teman dalam komunitas IKATAN KATA juga salah satu alasannya. Ada semacam lomba kejar-kejaran yang mesti diselesain dari komunitas ini. Project komunitaslah. Seperti itu. Cerita tentang komunitas ini bakal ada di postingan lain yaah… sekarang bahas tentang skill duluu. Hehehe… biar konsisten. Wkwkwk

ikatan-kata-logo-sharp
https://ikatankata.home.blog/profil/ikatan-kata-2/

Memasak. Cooking is spesial and very important. Spesialnya karena semua wanita wajib tau masak, dan ada kesempatan untuk mengasah kemampuan ini. Stay at home sungguh mengurangi pengeluaran untuk jajan diluar rumah. Alhasil, mau ngemil. Yaa buat sendiri. Makanan harian pun dimasak sendiri. Importantnya kenapa hayoo??… memasak itu adalah salah satu skill untuk bertahan hidup. Hahaha… tidak semua makanan saji sekarang tersedia diluar sana selama pandemi ini, walaupun ada, mahal dan apakah kalian tidak takut dgn tetap mengkonsumsi makanan dari uar yang kita tidak tau apakah belum terkontak dengan pengunjung lain yang mungkin saja carier. Itu sih kalau alasan dari aku.

skillCOOKING
hasil latihan stay at home. Belum Mahir FOTOinnya

Dua itu sih skill yang bakalan fokus kulakukan selama dirumah. Selain itu masih banyak hal yang wajib dilakukan selama di rumah aja. Meningkatkan kedekatan dengankeluarga yang mungkin selama ini tidak terlalu baik komunikasinya, mungkin karena terlalu banyak kerjaan diluar,akhirnya kumpul bersama keluarga sangat sedikit. Its the time, berkumpul, bercerita, sharing, tingkatkan rasa saling sayang kalianbersama keluarga.

Ibadah juga jangan lupa. Untuk yang muslim, harusnya ontime untuk sholat fardhunya mungkinbisa ditingkatkan. Secara nih, kan di rumah aja. Tadarusan jangan lupa, untuk yang sudah berkeluarga, adakan pengajian kecil-kecilan di rumah juga kayaknya seru deh. Beri anak-anak kita contoh yang baik untuk lebih mendekatkan diri kepadaNya.

Untuk teman-teman sejawat kesehatan. Stay at home tidak berlaku untuk kalian. Tetap semangat. Inilah saat penting peran kita sangat diperlukan. Jangan melihat sebagai beban, liat sebagai kesempatan untuk menabur benih pahala pada ladang yang Allah SWT berikan ke kita. Insyaallah, benih ini bisa kita panen dikemudian hari.

Mungkin ini saja duluu yaah,,, kalian pasti juga sudah bosan baca,,, pesanku, jaga kesehatan, konsumsi makanan yang bergizi, sering cuci tangan, apalagi setelah dariluar rumah, jaga jarak dan STAY AT HOMEEEE…

Wassalamualaikum wrwb…

STAY SAFE SEMUANNYAAA…..

Diterbitkan oleh Apt. Huzna

Pemimpi dan Perencana Terbaik

Tinggalkan komentar